Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

Sejak dulu sampai kini hipertensi tetap menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang, terlebih bagi yang telah memasuki usia 40 tahun keatas. :@ Namun penderita hipertensi bukan hanya mereka yang berusia 40 tahun, mereka yang berusia 20 tahun pun ada yang menderita hipertensi, bahkan ada juga penderita yang berusia dibawah 20 tahun. Semua ini berkaitan dengan gaya hidup.
Hipertensi merupakan tekanan darah tinggi yang ukurannya melebihi 140/90 mm Hg. Gejala yang sering timbul adalah pusing , muka merah, sakit kepala, hidung berdarah dan tengkuk terasa pegal.

Tekanan darah tinggi dapat berakibat merusak ginjal, jantung, menyebabkan pendarahan pada selaput bening/retina mata dan yang paling menakutkan adalah pecahnya pembuluh darah otak sehingga menyebabkan kelumpuhan dan kematian.
Hipertensi di bagi menjadi dua golongan yaitu: (1) tekanan darah tinggi yang tidak diketahui sebabnya yang disebut tekanan darah “esensial” atau tekanan darah primer dan (2) tekanan darah yang timbul sebagai akibat penyakit lain seperti ganguan ginjal, hiperteroid kelainan pembuluh darah besar(aorta) atau karena obat-obatan tertentu dan disebut juga tekanan darah tinggi sekunder.
Penyebab hipertensi juga dapat dibedakan berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan, faktor bawaan, dan stress. Berdasarkan usia dan seiring dengan pertumbuhan manusia, tekanan darah semakin meningkat. Tekanan darah pada bayi cenderung rendah dan mulai meningkat pada masa kanak-kanak. Kemudian akan meningkat lebih nyata pada masa pertumbuhan dan pematangan fisik diusia remaja, sehingga di usia dewasa sampai usia lanjut, tekanan darah mencapai ukuran tertentu. Di usia lanjut, jika pola makan dan gaya hidup yang dijalani tidak teratur, kemungkinan besar tubuh akan mudah terserang hipertensi. Jenis kelamin juga dapat berpengaruh,. Tekanan darah tinggi ini cenderung lebih banyak dialami kaum pria. Alasannya, selain pria lebih aktif, pria juga terbaisa merokok. Nikotin dan zat lain dalam rokok memperbesar resiko terkena hipertensi. Orang yang alkoholik lebih tinggi kemungkinan mengidap hipertensi.
Selain itu, atara berat badan dan darah tinggi terdapat hubungan yang cukup erat. Biasanya orang kelebihan berat badan juga menderita hipertensi. Memang tidak semua orang yang lebih berat badan menderita tekanan darah tinggi, namun kedua hal tersebut cenderung terjadi bersamaan. Pada usia lanjut, kelebihan berat badan ini juga penyebab penyakit lainnya.
Faktor lain yang menyebabkan hipertensi adalah faktor bawaan atau turunan. Faktor ini ikut menentukan tekanan darah seseorang. Jika salah satu orang tua menderita darah tinggi, kemungkinan anaknya mengalami tekanan darah tinggi.
Faktor yang dapat mempengaruhi hipertensi adalah stress. Stres merupakan pemicu timbulnya berbagai penyakit, termasuk hipertensi. Stres dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka waktu pendek dengan cara mengaktifkan bagian otat dan sistem saraf yang biasanya mengendalikan tekanan darah secara otomatis.
Tekanan darah tinggi yang berat akan menimbulkan stroke. Stroke ini timbul akibatnya pecahnya pembuluh darah kecil didalam otak. Biasanya penderita strok akan mengalami kelumpuhan pada satu sisi tubuh. Kelumpuhan ini dapat menetap sementara maupun permanent disertai gangguan kemampuan bicara, penglihatan, keseimbangan tubuh dan perasaan. Serangan stroke ini merupakan lamjutan dari hipertensi namun bisa juga sebagai pertanda awal adanya serangan darah tinggi.
Sebelum terjadi komplikasi stroke dan kematian jaringan jantung dan sebaiknya perhatikan kondisi tubuh, terutama bagi yang telah dewasa dan berusia lanjut.

PENCEGAHAN

Ada beberapa cara untuk mengusahakan agar tekanan darah menjadi normal. Tentu saja dapat dilakukan pencegahan berdasarkan penyebabnya. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk melakukan petunjuk-petunjuk ini:
1.usahakan berat badan dalam keadaan normal.jika memang terlalu gemuk, kurangi berat badan akan membantu tekanan darah menjadi normal. Untuk mengendalikan berat badan, jauhi makanan berlemak atau berkolesterol tinggi. Hindari pemakaian garam yang banyak atau lebih, baik tidak usah memakai garam sama sekali. Mengkonsumsi buah-buahan berserat sangat baik bagi pencernaan dan tekanan darah.
2.menjauhi rokok dan alcohol akan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang berakibat fatal. Jika telah kecanduan, kurang porsinya setiap hari. Kalau hari ini menghisap 6 batang rokok dan minum alcohol 6 gelas, besok turunkan menjadi 5 batang rokok dan 5 gelas alcohol. Begitu seterusnya sampai kebiasan itu benar-benar hilang. Rokok dan alcohol bisa diganti dengan permen dan minuman yang lain tidak berakohol.
3. jika orang tua mengidap hipertensi, ada baiknya rajin mengecek tensi darah secara teratur dan lakukan tindakan pencegahan lainnya.
Untuk menghilangkan stress yang berlebihan, lakukanlah teknik relaksasi dengan cara berbaring ditempat yang sejuk dan tenang. Tidurlah dengan posisi terlentang dengan kedua tangan disamping. Tutuplah mata dan pusatkan perhatian pada tubuh, kemudian embuskan nafas perlahan-lahan. Jangan gunakan obat penenang untuk menghilangkan stress karena hanya menyebabkan ketergantungan.
PENYEMBUHAN DENGAN TERAPI
REFLEKSI TELAPAK TANGAN
Area refleksi yang efektif untuk hipertensi terletak disisi kiri jari tengah pada zona ginjal kiri dan zona kanan. Lakukanlah juga perangsangan pada titik jantung bagian kanan, jantung bagian kiri, anak ginjal kanan, anak ginjal kiri dan tekanan darah tinggi serta titik akupuntur shixuan yang terletak di ujung-ujung jari. Refleksi dilakukan secara rutin setiap hari. Dengan demikian tensi darah yang tinggi dapat dikendalikan perlahan-lahan.

CARA PENGOBATANNYA

-100-150 gram seledri kecil dijus/diblender tanpa air kemudian diminum. Lakukanlah 2 kali sehari, sekali minum satu sendok makan.
-10 gram jamur putih kering ( direndam hingga lembut), 10 gram jamur kuping hitam, 20 gram jamur hioko dan 10 gram rumput laut che chai direbus dengan air secukupnya kemusian airnya diminum hangat-hangat dan bahan tersebut dapat dimakan.
-tahu dan tempe secukupnya, 75 gram seledri dan 30 gram rumput laut che chai dimasak secara di tumis, setelah dimasak, makan hangat-hangat.
– satu buah mentimun din jus lalu di campur dengan juz seledri secukupnya kemudian diminum. Lakukanlah 2-3 kali sehari.

Ini jamu buat yang terlanjur stroke
-1 rimpang bunga dan buah blimbing uluh direbus, airnya 4 gelas menjadi 2 gelas, 1 gelas I minngu minum pagi dan sore separoh gelas saja.
-3 rimpang akar alang-alang direbus dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas air minum airnya setengah gelas-gelas setiap pagi dan sore lakukanlah selama 1 minngu.
-1 bongkah bayam merah berduri direbus dengan dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas minum selama 3 hari.

One Response

  1. good site..
    i like it
    postingnya kren…brmanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: